Cara Latihan Angkat Barbel Yang Benar

Cara Latihan Angkat Barbel Yang Benar – Barbel merupakan salah satu alat untuk mengangkat beban dan sering digunakan untuk melatih otot-otot pada tubuh. Barbelnya sendiri tersedia dalam berbagai ukuran, dari yang paling ringan (kecil) hingga yang berat (besar). Tentu saja, Anda harus menyesuaikan kemampuan masing-masing saat mengangkat beban.

Dengan melakukan senam barbel, Anda bisa membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kuat dan pastinya sehat. Bagaimanapun, Anda harus menyadari bahwa saat melatih otot dengan barbel, Anda memerlukan metode dan teknik yang benar. Baca juga: Ini Jenis Latihan Perut yang Mudah Diikuti

Cara Latihan Angkat Barbel Yang Benar

Di bawah ini ada beberapa cara yang harus Anda ketahui sebelum mengangkat barbel untuk melatih otot-otot tubuh. Pemanasan

Latihan Deadlift Yang Benar Dan Sesuai, Begini Caranya

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan sebelum melakukan latihan beban adalah melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot lebih lentur dan terhindar dari cedera. Pemanasan merupakan hal yang utama dan penting, karena selain untuk mencegah cedera, pemanasan juga dapat membantu pembentukan otot.

Anda bisa menurunkan latihan dengan sit-up, push-up dan gerakan ringan lainnya, lakukan hanya sekitar 10 kali setiap gerakannya. Setelah terbiasa, Anda bisa berkembang dan jika ingin melanjutkan ke gerakan berikutnya, Anda bisa istirahat sekitar 30 detik sebelum melanjutkan lagi. Lakukan peregangan terlebih dahulu sebelum memulai

Latihan peregangan sebaiknya dilakukan secara dinamis, gerakannya tidak boleh statis, melainkan tenang. Sebab ada penelitian yang menunjukkan bahwa peregangan dapat meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh, karena itu diperlukan saat berolahraga dan tentunya mengurangi risiko cedera. 1. Gunakan tongkat dengan ukuran yang tepat

Teknik dan cara mengangkat palang yang benar adalah dengan memilih palang yang beratnya sesuai dengan kemampuan Anda. Anda harus bisa mengangkat beban sebanyak yang Anda bisa tangani di akhir gerakan.

Gerakan Untuk Melatih Otot Bahu Yang Baik Dan Efektif

Anda juga harus menyesuaikan jumlah pengulangan sesuai dengan tujuan Anda. Jadi ada baiknya jangan melakukan gerakan berlebihan, jangan mengangkat beban terlalu berat dengan tujuan untuk menunjukkan kemampuan. Anda harus selalu memprioritaskan jumlah pengulangan di atas sasaran. 2. Tentukan jumlah pengulangan

Cara terbaik dan benar untuk menaikkan standar adalah dengan melakukan pengulangan gerakan dan mencapai tujuan. Setiap orang sudah menentukan tujuannya masing-masing dengan angka yang berbeda-beda, sama seperti Anda.

Energi yang terkandung dalam tubuh dapat diubah dan kemudian ditransfer ke otot ketika melakukan pengulangan/gerakan yang berbeda. Saat melakukan gerakan ringan, gunakan lebih banyak adenosin trifosfat. 3. Selesaikan gerakan sebelum posisi mengunci (blocking joint)

Meski sedikit berbeda, namun sebenarnya ada persamaan antara gerakan deadlift dan barbell bench press. Anda harus lurus dan menyelesaikan semua gerakan dalam latihan sebelum mengenai sendi atau posisi tertutup.

Ragam Pilihan Olahraga Untuk Membentuk Otot Yang Ideal

Saat melakukan latihan bench press, biasanya Anda mulai mengangkat beban di depan dada, lalu rentangkan tangan sebelum mengunci siku. Berikutnya sangat disarankan agar Anda tidak selalu mengulang untuk menutup artikel.

Sebab jika terlalu sering melakukan hal ini, Anda bisa takut persendian Anda rusak atau terluka karena beban yang terlalu berat. Sebab jika palangnya terlalu berat, tentu saja bebannya akan berpindah dari otot ke persendian. 4. Atur kecepatan gerakan

Ketika Anda menentukan jumlah pengulangan yang Anda lakukan dan memahami cara menutup artikel. Nah teknik selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara mengatur waktu pergerakan. Karena setiap gol mempunyai kecepatan yang berbeda-beda.

Misalnya ingin menguatkan dan mengontraksikan otot, Anda harus menggunakan gerakan eksplosif setiap 1 detik. Untuk fase eksentrik atau fase peregangan otot, gunakan gerakan yang lebih lambat dan berlangsung sekitar 3 detik.

Cara Membesarkan Otot Lengan Tanpa Fitnes, Bisa Dilakukan Di Rumah

Jadi dibutuhkan waktu 3 detik untuk konsentris dan 3 detik untuk eksentrik untuk membesarkan otot. Sebab jika otot terlalu lama berkontraksi maka serat-serat pada otot bisa putus.

Kemudian lakukan gerakan-gerakan lebih cepat dengan waktu yang eksentrik dan konsentris. Sekitar 1 detik setiap kali melakukan latihan untuk meningkatkan kekuatan otot. Sebab kedua fase ini bisa dilakukan saat Anda melakukan latihan beban untuk mengontraksikan otot. 5. Lakukan teknik pernafasan dengan baik dan benar

Dalam olahraga apa pun, teknik pernapasan akan selalu menjadi yang terdepan. Oleh karena itu, Anda perlu belajar bernapas dengan baik dan benar, yaitu:

Terakhir, lakukan peregangan statis agar otot yang bekerja mengangkat palang tidak cedera, terkilir, atau pegal. Tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman dengan hal-hal tersebut. Baca juga: Apa Itu Latihan Kardio Sederhana

Macam Macam Olahraga Untuk Membentuk Otot Tubuh

Jangan lupa kamu bisa memenuhi kebutuhan sehari-harimu dengan aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang di Play Store & App Store! Setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan, tentu mendambakan tubuh yang atletis, terutama pada bagian tubuh tertentu seperti perut dan lengan. Contohnya adalah perut rata dan lengan berotot. Ada banyak cara untuk melatih lengan agar lebih kencang dan berotot, salah satunya dengan barbel.

Penasaran? Berikut lima tips dan trik membesarkan otot lengan barbel yang bisa Anda coba di rumah.

Tangan yang lebih besar dan kuat dapat memberi Anda kepercayaan diri. Apa pun yang memerlukan tenaga tubuh bagian atas—mulai dari menggendong anak hingga mengangkat kotak yang berat—lebih mudah dilakukan dengan lengan yang lebih kuat. Selain meningkatkan kebugaran fungsional harian Anda, lebih banyak massa otot dapat meningkatkan metabolisme Anda, yang berarti tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori bahkan saat Anda tidak berolahraga.

Gerakan ini dapat membentuk otot lengan dengan bantuan barbel atau beban. Pertama, mulailah menggunakan beban yang ringan. Letakkan palang di setiap sisi tubuh Anda, lalu gerakkan beban ke arah dada. Saat menggerakkan beban, jangan gerakkan siku dan pastikan siku tetap dekat dengan badan. Lakukan gerakan ini sebanyak 12 kali.

Trik Membesarkan Otot Lengan Dengan Barbel Atau Dumbel

Selain itu, Anda juga bisa membuat variasi ikal lainnya. Caranya tekuk siku, lalu tarik beban (ke arah dada), ulangi sebanyak 12 kali.

Berbeda dengan teknik sebelumnya, kini tangan ditekuk secara bergantian. Pegang halter di masing-masing tangan. Tekuk lengan kiri Anda 90 derajat sejajar dengan pinggang Anda. Untuk lengan kanan, angkat lengan kanan hingga sejajar bahu dan tekuk lengan kiri hingga 90 derajat. Tangan kanan dan kiri bergantian.

Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama duduklah di kursi. Posisikan tubuh Anda senyaman mungkin agar bahu dan dada lurus. Kemudian ambil barbel dan angkat ke atas kepala dengan kedua tangan.

Tempatkan palang secara vertikal tepat di belakang kepala dengan siku ditekuk. Kemudian pastikan tangan Anda bertumpuk di ujung palang. Angkat palang di atas kepala Anda dengan menguatkan kedua lengan.

Gerakan Membentuk Otot Dada Dengan Cepat

Lakukan latihan ini 12 hingga 15 kali. Saat melakukan gerakan ini, area yang dilatih adalah otot bahu dan trisep.

Untuk gerakan ini, mulailah dengan berdiri tegak dan rilekskan lutut. Kemudian luruskan bahu dan dada Anda. Pegang tongkat di kedua tangan. Pastikan lutut dan siku dalam posisi lemas atau rileks. Angkat lengan ke arah tubuh hingga setinggi bahu. Kemudian turunkan lengan Anda ke posisi awal.

Gerakan kedua, saat palang berada pada posisi awal, angkat palang ke depan. Namun, pastikan tingginya tidak melebihi tinggi bahu. Turunkan kembali ke posisi awal. Lakukan latihan ini selama dua set. Setiap set terdiri dari 15 gerakan.

Duduk dan pegang palang di depan bahu setinggi bahu dengan telapak tangan saling berhadapan. Perkuat perut Anda dengan tetap dalam posisi duduk tegak. Posisikan tubuh Anda agar tetap tegak. Kemudian angkat beban dan angkat setinggi bahu, lalu angkat beban lainnya.

Cara Tepat Olahraga Dengan Barbel

Lanjutkan latihan dengan gerakan yang cukup cepat, namun selalu terkontrol. Lakukan latihan dalam dua set. Satu set terdiri dari 30 gerakan.

Dalam studi ACE, peneliti membandingkan efektivitas delapan jenis latihan bisep yang berbeda. Salah satu yang mencapai aktivasi otot maksimal adalah konsentrasi curl.

Untuk melakukan konsentrasi curl, duduklah di tepi bangku datar dengan kaki terbuka membentuk V. Pegang beban di satu tangan dan condongkan tubuh sedikit ke depan. Dengan telapak tangan menghadap ke tengah, sandarkan siku pada paha bagian dalam. Sandarkan tangan atau siku yang lain pada paha yang lain untuk stabilitas. Ulangi 12 hingga 15 kali, lalu ganti tangan.

Penggulungan kabel dapat dilakukan dengan beberapa cara. Anda dapat menggunakan mesin dengan katrol rendah yang dipasang pada kabel dengan pegangan. Anda dapat menggunakan selotip jika Anda dapat mengikat salah satu ujung selotip dengan aman ke sesuatu yang kokoh.

Penjasorkes Sd Mi Kelas 5. Bab 2

Berdirilah beberapa meter dari mesin katrol dan pegang pegangan kabel dengan telapak tangan di depan dan siku dekat dengan tubuh. Letakkan kaki yang berlawanan dengan tangan sedikit di depan kaki lainnya untuk keseimbangan yang lebih baik.

Tekuk lengan Anda secara perlahan, dekatkan telapak tangan ke bahu. Tahan gerakan ke atas sejenak dan rasakan ketegangan pada otot bisep. Turunkan pegangan secara perlahan ke posisi awal. Lakukan 12 hingga 15 repetisi, lalu ganti tangan.

Studi ACE menemukan bahwa suap trisep berada di depan push-up trisep dalam memberikan latihan trisep yang lengkap. Anda juga dapat melakukan latihan ini hanya dengan satu tangan pada satu waktu dan kemudian berpindah tangan setelah menyelesaikan set dengan lengan pertama.

Pegang dumbel di masing-masing tangan, telapak tangan menghadap ke dalam. Tekuk lutut Anda sedikit. Membungkuk ke depan pada bagian pinggang, punggung lurus dan jantung bergerak, hingga tubuh bagian atas hampir sejajar dengan lantai. Dekatkan lengan ke tubuh, tekuk siku sehingga beban naik di dekat dada.

Tips Dan Cara Melakukan Deadlift

Rentangkan lengan bawah secara perlahan sambil tetap memegang lengan atas. Tahan sejenak, lalu tekuk siku hingga beban berada pada posisi awal, dekat dengan dada. Ulangi 12 hingga 15 kali.

Ekstensi di atas biasanya dilakukan dengan satu tangan. Menggunakan

Angkat barbel yang benar, cara angkat barbel 2 kg yang benar, gerakan angkat barbel yang benar, teknik angkat barbel yang benar, latihan angkat barbel untuk pemula, latihan angkat barbel untuk melatih, cara angkat beban yang benar, cara angkat barbel 3 kg yang benar, cara melakukan angkat barbel yang benar, latihan barbel yang benar, cara latihan barbel yang benar, cara angkat barbel yang benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *