Cara Buat Kue Putu Mayang

Cara Buat Kue Putu Mayang – Jajanan khas Betawi ini terbuat dari olahan tepung beras dengan bentuk khas seperti stik/gulungan mie. Melakukannya memerlukan cetakan khusus untuk membuat kabel mie yang dapat ditumpuk. Kue ini biasanya disajikan dengan kuah manis gurih yang terbuat dari campuran gula merah dan santan. Perubahan tampilan yang berwarna-warni agar lebih enak disantap.

Ia memiliki pengalaman pendidikan di bidang katering dan jurnalisme. Hobinya antara lain menulis, jalan-jalan, dan memasak. S2 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada

Cara Buat Kue Putu Mayang

Campur tepung beras, gula pasir, garam dan santan, aduk rata. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental. Berdiri Biarkan panas lalu masukkan tepung sagu, aduk hingga tercampur rata.

Resep Putu Mayang Bihun Saus Nangka

Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian berwarna merah, satu bagian berwarna hijau dan satu bagian berwarna putih.

Masukkan 2 sendok makan adonan ke dalam cetakan putu mayang. Tekan di atas daun pisang yang diolesi minyak. Kukus selama 20 menit di bak mandi air panas. Berdiri Sajikan dengan sausnya.

1. Tutup ketel dan tutupi dengan kain bersih Saat putu mayang sudah mengepul, buka tutupnya sedikit agar putu mayang tidak terlalu mengembang.

2. Gunakan panci yang cukup besar, seperti GM Bear Cauldron 2 Level Steamer and Boil (Lihat DISKON Lazada) agar bisa mengukus putu mayang dalam jumlah banyak. sore ini..minat..hihi. Untuk menghabiskan sisa pisang dan nangka, akhirnya terpikir untuk membuat Kue Putu Mayang. Kemarin saat saya bongkar gudang, saya mau pindah ke atas beberapa peralatan dapur, saya menemukan cetakan kayu Petulo atau Putu Mayang, saya membelinya beberapa waktu lalu. Akhirnya Yodha masuk…dia suka…ketika dia memasak dengan alat khusus seperti itu. Saya akan memberi tahu Anda cara menggunakannya dalam waktu singkat.. dia langsung bersemangat.. ajak dia untuk segera memasaknya. Jadi..siapa yang kangen *Chef Yodha? Yuk lebih dekat dengan ini he..hihi.

Resep Kue Putu Mayang Pandan

Lihat nih… Gaya Yodha temen-temen.. bingis banget ha.. males banget ngeprint Putu Mayangnya.. hihi. Jadi tadi saya buat satu adonan, lalu saya bagi menjadi dua warna, yang merah untuk Yodha.. dan yang hijau yang saya print. Jadi Anda tahu…Yahoo punya…dia sangat cepat..jika dia telah mengajarkan sesuatu..ingatannya cepat dan mudah ditelan..istilah bahasa Jepang..lol. Kalau soal belajar..cukup baginya..dia tidak mau disuruh lagi dan lagi..dan alhamdulillah..nilai-nilainya di sekolah selalu bagus.

Dan…cetakan Putu Mayang by Yodha nich sob…lumayan lah. Walaupun ukurannya tidak sama. Saat saya tanya.. “Kok Putu Mayang kecil banget Kak..?” Katanya..benar..tergantung apa yang dilakukan…kalau kamu punya mami yang besar..seperti mami..katanya..hahah. Kak Yodha tidak suka menggoda ibunya..! tertawa terbahak-bahak..

Ok dech.. saya kasih step by step buat adonannya dulu guys… siapa tau ada yang mau coba bikin Putu Mayang juga. Pertama siapkan 300 gram tepung beras, campurkan dengan 500 ml santan dan 1/2 sdt garam, 1/4 sdt vanili dan 2 1/2 sdm gula pasir. Masak dengan api sedang hingga mengental seperti pada gambar. Setelah agak dingin masukkan 75 gram tepung tapioka (kanji), aduk rata. Bagi adonan menjadi dua, tambahkan sedikit warna merah dan satu warna hijau. Campur setiap adonan dengan baik dengan pewarna makanan sampai adonan halus tapi lembut.

Siapkan cetakan putu mayang sesuai selera, tadi saya coba pakai yang model kayu ini enak dipakai lebih mudah karena tinggal ditekan adonan keluarnya lama banget Sayangnya lubangnya lumayan besar dibanding seukuran Putu Mayang. Jadi menurut saya lebih cocok untuk gethuk lindir. Jadi tau..kok pengen banget buat gethuk lindi besok sama turnamen ini..haha. Tapi tidak masalah..Putu Mayang gendut kata Yodha..! Hai..

Easy Putu Mayam / Putu Mayang (idiyappam)

Cara pakainya mudah, olesi dulu cetakan dengan sedikit minyak goreng. Masukkan adonan ke dalam rongga cetakan, lalu angkat dan tutup cetakan sambil ditekan-tekan. Seperti ini nich..* kata Kak Yodha..*

Taruh adonan yang sudah keluar dari cetakan di atas piring yang sudah diolesi sedikit minyak. Taruh sepotong pisang di ujungnya lalu gulung. Pertama-tama Putu Mayang tidak pakai pisang, tadi saya coba isian pisang iseng.. enak lho.

Jadi… Putu Mayang sudah siap, siapkan kuah santannya. Secukupnya saja.. saya pakai 500 ml santan, 100 gram gula merah dan sedikit gula pasir untuk menyeimbangkan rasa manisnya. Jangan lupa garam secukupnya dan daun pandan agar kuahnya harum. Terakhir, jika sudah mendidih, matikan api dan masukkan nangka agar tidak pahit.

Jual kue putu mayang terdekat, kue putu mayang, cara membuat putu mayang lembut, cara bikin kue putu mayang, kue putu mayang tepung beras, cara buat putu mayang bihun, cara membuat cetakan putu mayang, cara buat putu mayang, buat kue putu mayang, cetakan kue putu mayang, cara membuat putu mayang bihun, cara membuat kue putu mayang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *